Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia - Jogja Istimewa

Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia - Jogja Istimewa

Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia - Yogyakarta punyai banyak beberapa tempat yang cantik. Mulai teritori pegunungan, rimba pinus, sampai air terjun, semuanya ada di situ.


Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia - Jogja Istimewa
Desa Wisata Tinalah - 50 Besar Desa Wisata Indonesia


Disamping itu, desa-desa rekreasi di Yogyakarta juga tidak kalah kece. Beberapa salah satunya masuk ke daftar 50 besar Karunia Dusun Rekreasi Indonesia 2021 dari keseluruhan 1.831 dusun rekreasi di semua Indonesia.

Adapun, Dusun Rekreasi Tinalah ialah satu diantaranya. Dusun ini berada di bentangan Bukit-bukit Menoreh segi barat Yogyakarta.

Lokasi Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia

Lokasinya Dusun Rekreasi Tinalah berada di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta (DIY).


Dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya ialah sekitaran 25 km (km) sama waktu menempuh | lebih kurang satu jam.

Keelokan dan kekhasan Desa Wisata Tinalah

Walau ada di bentangan Bukit-bukit Menoreh, Dusun Rekreasi Tinalah gampang dicapai karena masih ada di bawah.

Pelancong juga tak perlu cemas harus tempuh jalan berlebihan yang berliku untuk sampai ke situ.

Sama dengan namanya, Dusun Rekreasi Tinalah berada di teritori Sungai Tinalah. Ide dusun rekreasi ini ialah penggabungan alam dan nilai-nilai budaya dengan jargon "Daya tarik Alam dan Budaya".


Pelancong dapat berkunjung beberapa tempat menarik, satu diantaranya ialah Goa sriti yang dahulu jadi persembunyian Pangeran Diponegoro saat menantang VOC.

Ada juga Pucuk Kleco yang menjadi satu diantara titik peningkatan Dusun Rekreasi Tinalah. Keelokan matahari keluar bisa dilihat di situ.

Salah satunya kegiatan di sini yaitu kemping. Ada camping ground yang dikitari Bukit-bukit Menoreh, di tepi sawah hijau yang asri.

Camping Ground di Dusun Rekreasi Tinalah, Kulon Progo.

Saat sebelum pulang, pelancong dapat belanja beberapa produk ekonomi inovatif berbentuk kulineran seperti wingko tinalah, kripik debog pisang, kripik pegagan, kopi, dan cokelat.

Selainnya kulineran, ada juga produk ekonomi inovatif kriya berbentuk kerajinan piring anyaman lidi dan anyaman daun kelapa yang disebut hasil kreasi warga di tempat. Dusun Rekreasi Tinalah didatangi Sandiaga Uno.


Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia - Jogja Istimewa
Sandiaga Uno saat bertandang ke Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo.


Dusun Rekreasi Tinalah juga sempat didatangi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Menparekraf) sandiaga Uno pada Senin (11/10/2021).


Sandiaga juga menggerakkan dusun rekreasi itu untuk memaksimalkan semua kekuatan rekreasi alam dan budayanya sebagai usaha untuk bangun di tengah-tengah wabah Covid-19.


"Hingga bisa memakmurkan warga dan buka lapangan pekerjaan selebar-luasnya. Ditambah di tengah-tengah wabah, hal tersebut sebagai salah satunya usaha bangun ketika susah," kata Sandiaga.

Selainnya optimalisasi kekuatan rekreasi di situ, pengurus Dusun Rekreasi Tinalah juga mengaplikasikan prosedur kesehatan (prokes) berbasiskan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kebersinambungan lingkungan) atau CHSE.


Itu tadi info Desa Wisata Tinalah 50 Besar Desa Wisata Indonesia - Jogja Istimewa semoga nanti ada kesempatan berkunjung ke Dewi Tinalah yah!!

Sumber: Kompas.COM