Desa Wisata di Kelola Bumdes Makin Optimal dan Melesat

Desa Wisata di Kelola Bumdes Makin Optimal dan Melesat

Desa Wisata di Kelola Bumdes Makin Optimal dan Melesat. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mulai Sabtu (24/10) mengunjungi beberapa tujuan desa wisata di Propinsi Jawa Timur.




 

Adapun desa wisata yang didatangi yaitu Lembah Mbencireng di Desa Kebontunggul, Kabupaten Mojokerto, lalu lawatan ke Kabupaten Jombang salah satunya ke arah tempat wisata Bale Tani di Desa Banjaragung, wisata pemandian Pandansili di Desa Ngampungan dan wisata nuansa perdesaan Daerah Tradisi Segunung di Desa Carangwulung.

Dalam lawatan ini, Wamen Budi Arie lakukan dialog dan diskusi ke kepala desa, praktisi desa dan beberapa masyarakat desa berkaitan dengan tujuan wisata didesa yang menjadi satu diantara bertambahnya ekonomi warga desa yang sudah melorot karena wabah Covid 19.


Desa Wisata di Kelola Bumdes Makin Optimal dan Melesat

Wamen menghargai dengan beberapa pemuda yang ada didesa yang ikut menggerakkan lebih memajukan desa dengan beragam pengembangan yang inovatif dari beberapa pemuda didesa.

"Beberapa pemuda desa banyak yang menolong dalam pengendalian BUMDes, mereka sudah menolong tingkatkan ekonomi dengan beragam pengembangan dari BUMDes. Satu diantaranya dengan desa wisata yang diatur BUMDes," kata Wamen Budi Arie selesai lawatan ke beberapa desa-desa wisata di Mojokerto dan Jombang pada Sabtu (24/10).

BUMDes kata Wamen Budi Arie menjadi parameter dalam perkembangan desa. Jika satu desa tidak mempunyai BUMDes memiliki arti kekuatan gerakan ekonominya tidak ada.

"Jadi silahkan kita bersama untuk memacu BUMDes supaya maju. Karena BUMDes itu bergerak disemua sektor dapat wisata dapat kulineran. Karena bumdes itu jadi motor pendorong ekonomi desa," ucapnya.

Selanjutnya, Wamen Budi Arie memandang jika desa-desa yang berada di Mojokerto dan Jombang berpotensi yang tetap diperkembangkan. Apa lagi, kekayaan alam dan budayanya yang tetap dilestarikan hingga jadi sebuah kemampuan dalam memberi daya magnet pada wisata alam dan budaya.

"Perkembangan desa itu berada pada keseriusan masyarakat desa tersebut untuk lebih memajukan dusunnya, karena sepanjang masyarakat desa berkemauan untuk maju, saya percaya desa pasti jadi maju dengan kepercayaan diri, semangat, kerja sama dan bergotong-royong masyarakat desa," ucapnya.


Sumber: Desa Wisata di Kelola Bumdesa